Jumat, 29 Maret 2013

HYPNOCOUNSELING??????


HYPNOCOUNSELING

Hypnocounseling adalah proses konseling yang menggunakan bantuan teknik hypnosis. Hypnosis sendiri memiliki arti sebuah teknik yang melibatkan alam bawah sadar manusia. Jadi proses konseling dilakukan dengan cara menyentuh alam bawah sadar konseli.
Alam bawah sadar manusia ada 3 tingkatan, yaitu : a). Alpha adalah alam bawah sadar dibawah Beta dimana alam bawah sadar yang belum terlalu bawah;
b) Tetha adalah pikiran antara sadar dan tidak sadar
c) Detha adalah alam bawah sadar manusia seperti pada saat orang sedang tidur
          Hypnosis adalah proses mempengaruhi pikiran bawah sadar manusia dengan memberikan sugesti-sugesti yang positif dalam bentuk kata-kata . Pemberian sugesti dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu melalui Progressive Relaxtion, cara ini dilakukan dengan menciptakan suasana relax, bisa dengan menggunakan music instrument yang menenangkan, setelah suasana relax baru diberikan sugesti-sugesti yang nantinya bisa merubah hidupnya menjadi lebih baik lagi.
          Cara yang kedua, yaitu Pendulum, sebuah alat yang digunakan untuk membantu seseorang masuk ke alam bawah sadarnya, setelah itu baru diberi sugesti-sugesti yang dapat mengatasi masalahnya. Sugesti yang diberikan dapat bertahan selama 30 menit setelah itu seseorang akan kembali seperti sebelum di hypnosis.
Hypnocounseling dapat digunakan untuk membantu siswa yang mengalami ketergantungan, misalnya merokok, minuman keras, yang secara tidak langsung bisa merugikan dirinya sendiri. Karena apabila seorang konselor atau guru hanya memberi nasehat kepada siswa agar berhenti merokok maka itu tidaka akan memberikan perubahan bagi siswa, karena mereka dalam keadaan sadar sedangkan sugesti-sugesti yang positif hanya akan berpengaruh pada siswa jika dia dalam keadaan tidak sadar atau berada pada alam bawah sadar mereka.
Karena apabila seorang konselor memberi sugesti pada saat siswa berada dalam pikiran bawah sadarnya, itu akan dapat merubah perilakunya yang sebelumnya dianggap merugikan.
Pada saat konselor melakukan konseling, konselor harus bisa membawa siswa pada pikiran bawah sadarnya, konselor bisa mengajak siswa berbicara dengan di selingi lagu yang dapat membawa siswa ke pikiran bawah sadarnya, apabila siswa mulai merasa relax, baru konselor bisa memasukkan pengaruh-pengaruh positif yang bisa merubah perilaku siswa tersebut.
Hypnocounseling berguna bagi siswa karena bisa menciptakan Angkor bagi siswa pada waktu di rumah. Bagi seorang konselor apabila ingin membantu siswa yang bermasalah menggunakan hypnocounseling harus menanyakan kepada siswa apakah mau dibantu dengan menggunakan hypnocounseling, jika siswa setuju baru konselor melakukan kontrak dengan siswa kapan waktu melaksanakan hypnocounseling itu, jika siswa tidak setuju maka itu tidak bisa dilakukan karena pasti tidak akan berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar